Kunjungan FAMILIA UNNES ke JMMB


Sabtu (22/11) 60 orang anggota Forum Amaliah Ilmiah Islam (FAMILIA) Universitas Negeri Semarang mengadakan kunjungan ke JMMB. Kunjungan ini bertujuan untuk silaturahmi antar lembaga dakwah dan studi banding. Diawali dengan perkenalan personal, suasana yang semula kaku menjadi lebih akrab.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi program kerja. Salah satu yang dibahas adalah mengenai sedikitnya peserta kajian. “Itu masalah klasik, ya. Hingga saat ini kami masih mendiskusikan kajian apa yang menarik sehingga banyak peserta yang datang,” jelas Ahmad Ghitha (Biologi UGM ’12).

Struktur kepengurusan di FAMILIA lebih sederhana dan sedikit banyak mirip dengan kepengurusan JMMB. FAMILIA tidak ada sekjend. Di bawah mas’ul ada PH dan bidang-bidang lainnya.  FAMILIA hanya memiliki 4 bidang, yaitu PSDM, Danus, syiar media dan annisa. Tak seperti BISI JMMB, PSDM-lah yang memegang peran dalam pembuatan kajian dan juga kaderisasi. PSDM FAMILIA mengurus simbiosis (penerimaan mahasiswa baru), klorofil (kajian), halaqah lembaga, Jalasah untuk akhwat dan Mabit untuk ikhwan.

Danus FAMILIA berfungsi untuk mencari sumber dana. Kalau di FAMILIA, syiar, media dan jaringan berada dalam satu bidang. Kemudian kalau di JMMB ada BPM, di FAMILIA namanya annisa. “Annisa juga ada tutorial bermotor, rihlah dan rujakan,” ujar Bagus Safangat (Biologi UNNES ’12) saat menjelaskan kepengurusan FAMILIA.

Setelah memaparkan dan mendiskusikan program kerja, studi banding ini ditutup dengan foto bersama. “Semoga dengan adanya kunjungan ini kita dapat saling menginspirasi dan memperluas jaringan. Selain itu semoga suatu saat JMMB dapat mengunjungi lembaga dakwah lain,” pungkas Dewi Rakhmawati (Biologi ’11).
.

(Pipit)


0 komentar: