Kunjungan UKMI Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, Sarana Pembelajaran Bersama

Minggu (12/1) Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman mengadakan kunjungan dalam rangka studi banding dengan Jama’ah Mahasiswa Muslim Biologi (JMMB) Universitas Gadjah Mada. “Kita berangkat jam satu pagi dan mabit di jalan, lho. Capek, sih. Tapi enggak apa-apa. Kan sekalian rihlah juga.” Kata Novi (Biologi Unsoed ’12). 
Lamanya kunjungan ini adalah kurang lebih empat jam dan berlangsung di ruang seminar dan sidang bawah Fakultas Biologi. Pembawa acaranya adalah Fajar Priambada (Biologi UGM ’11). Walaupun awalnya canggung, suasana menjadi lebih akrab setelah perkenalan satu per satu anggota UKMI dan JMMB.
 Setelah perkenalan, acara dilanjutkan dengan penjabaran profil JMMB oleh Cahyo Adi Wibowo (Biologi UGM ’11) melalui video dan slide presentasi. Kemudian penjabaran profil UKMI oleh Ajie Wicaksono AT (Biologi Unsoed ’10).
 Baik anggota JMMB dan UKMI memberikan apresiasi tinggi terhadap penjabaran profil tersebut. Hal ini dibuktikan dengan aktifnya diskusi dan sharing dalam berbagai bidang seperti syiar, kaderisasi dan media. Setelah sharing, dilanjutkan dengan penjabaran profil kegiatan mahasiswa di Fakultas Biologi UGM oleh BEM Biologi. Kemudian acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama.
Dalam penyambutan kunjungan ini terdapat beberapa kekurangan, seperti kurangnya persiapan karena kesalahpahaman dalam informasi kunjungan UKMI dan sedikitnya anggota JMMB yang dapat hadir. “Lain kali, kalau ada kunjungan lagi, lebih aktif berkomunikasi dan dipersiapkan jauh-jauh hari supaya persiapannya lebih matang,” Ujar Cahyo.
 Namun demikian, penyambutan studi banding UKMI secara umum terlihat lancar dan tentu saja terdapat banyak hikmah yang dapat diambil. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan menjadi pembelajaran bersama antara UKMI dan JMMB agar dapat menjadi lembaga dakwah yang lebih baik [FY/BIMO]


3 komentar: