KIP #2 : Akidah yang Lurus

Apakah itu akidah?

Ada yang berarti sebagai ikatan. Mengapa dinamakan dengan ikatan? Karena untuk mengikat antara manusia dengan keyakinannya. Ada akidah islam yaitu tauhid yang menyatukan manusia dengan Allah STW. Dalam islam, akidah ini disebut dengan iman yang meyakini keesaan kepada Allah SWT yaitu akidah 

Mengapa harus mempunyai akidah dan mempelajarinya?

Ada 4 hal yang wajib bagi setiap muslim yang harus tahu
1.      Ilmu akidah : pengetahuan tentang apa itu Allah siapa Allah dan bagaimana kekuasaan Allah
2.      Ilmu fiqh : tata cara beribadah minimal beribadah untuk diri kita sendiri
3.       Ilmu Al-Quran : yaitu belajar membacanya dan memahami maknanya serta mengamalkan, mengajarkan dan menjaganya
4.       Hadist : sunah-sunah Rasul

Akidah adalah sesuatu yang diyakini dengan hati, mengatakan dengan lisan yaitu bersaksi/berikrar, dan mengamalkan dengan perbuatan. Jika diantara 3 ini salah satu saja hilang, maka tidak bisa dikatakan sah dalam beriman. Jika orang hanya yakin dalam hati tapi tidak mau mengikarkan dan mengamalkan maka tidak sah menjadi seorang muslim.

Abu Thalib, paman Nabi Muhammad SAW yang sangat mencintai Rasul. Abu Thalib membenarkan apa yang dibawakan oleh Rasul hanya di hatinya. Akan tetapi sampai akhir hayatnya, Abu Thalib tidak mengikrarkan dua kalimat syahadat. Sehingga beliau mati dalam keadaan kafir. Karena sangat mencintai dan melindungi Rasul, maka diringankan siksanya di neraka. Yaitu menginjak kerikil sehingga otaknya mendidih.Ada orang yang menampakkan bahwa dia orang muslim tapi hatinya tidak beriman, dan itu termasuk golongan orang munafik

Urgensi mempelajari akidah

Perumpamaan akidah seseorang adalah seperti pohon. Secara garis besar, pohon terdapat tiga bagian:
1.       Akar yang kokoh menghujam tanah
2.       Cabang-cabangya mejulang tinggi
3.       Batangnya kuat dan kokoh

Akar disebut dengan iman atau ilmu akidah, batangnya diebut sebagai islam, sementara rantingnya adalah ikhsan yang displikasikan dalam akidah. Ketiga hal ini seperti segi tiga yang tidak boleh terputus titiknya. Akar itu tidak terlihat di dalam tanah, sama seperti akidah yang tidak terlihat di dalam hati. Sementara kebaikan yang dilakukan, bisa dilihat. Akan tetapi akidah yang di dalam hatilah yang penting.

Perumpamaannya saat pohon rantingnya ditebang, maka dia masih bisa menumbuhkan ranting yang baru. Sama seperti seseorang yang akhlaknya jelek, tapi punya akidah yang kokoh, maka akan bisa menumbuhkan akhlak yang baik kembali. Sedangakan jika akidahnya yang rusak, maka akan sulit menumbuhkan akhlak yang baik.

Muslim yang baik, akidahnya yang kuat, ibadah yang rajin, dan bermanfaat untuk sesame manusia.
Saat tidak punya akidah, walaupun kebaikannya terlihat, tapi tidak akan ada artinya di dunia. Sama seperti pohon yang hanya tinggal batang dan ranting yang hanya akan menjadi kayu bakar di neraka.
Niat, amal dan muhasabah tiga unsur yang tidak boleh hilang dari manusia

Niat : ikhlas dan dikerjakan sesuai dengan tuntunan. Jika salah satu hilang maka tidak akan sah urusan ibadahnya. Realisasi dari niat adalah amal yang akan mendapatkan hasil. Lalu muhasabah untuk mengevaluasi hasil yang telah didapat. Saat ingin mendapatkan hasil yang baik, maka harus dicapai dengan planning dan cara yang baik. Untuk itu membutuhkan muhasabah saat kita ada kekurangan dalam niat maupun ibadah saat hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan keinginan.

0 komentar: