RADIOLOGI : Menggemakan Ramadhan dengan Al-Qur’an


Kegiatan di desa binaan

Bismillahirrahmanirrahiim..

Kegiatan Ramadhan di Biologi (RADIOLOGI) 1437 H kembali dilaksanakan di Fakultas Biologi UGM. RADIOLOGI merupakan rangkaian kegiatan untuk meramaikan Ramadhan di Fakultas Biologi UGM dengan mengangkat tema “Al-Qur’an”. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan civitas akademika khususnya mahasiswa tidak melewatkan dengan sia-sia momentum Ramadhan karena teralihkan oleh UAS yang berjalan bersama.

Rangkaian kegiatan Radiologi diawali dengan Kajian Tarhib Ramadhan 1437 H sekaligus pembukaan RADIOLOGI 1437 H pada hari Senin tanggal 23 Juni 2016 di Ruang Seminar Fakultas Biologi UGM. Kajian ini diisi oleh Ust. Andi Alif dengan tema “Menggapai Puncak Keberkahan Ramadhan dengan Bingkai Al-Qur’an”. Dalam kajian ini dibahas mengenai berbagai ‘persiapan amal’ untuk menyambut bulan Ramadhan juga pentingnya membuat target dan amal unggulan pada bulan Ramadhan salah satunya adalah memperbanyak bacaan Al-Qur’an.


Opening RADIOLOGI

Kegiatan selanjutnya adalah silaturahmi alumni JMMB sekaligus memperingati Milad JMMB ke 17. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2016 dan dihadiri oleh anggota inti dan kehormatan JMMB juga Fajar Sofyantoro sebagai alumni yang diundang. Kegiatan ini berisikan tentang pengalaman-pengalaman beliau selama menjadi mahasiswa. Silaturahmi juga dilakukan ke rumah salah satu dosen Fakultas Biologi UGM yaitu Bapak Abdul Rahman Siregar. Kegiatan silaturahmi ini dilakukan untuk berbagi pengalaman juga menjalin silaturahmi dengan dosen.

Kajian pun dilaksanakan sebanyak dua kali. Kajian pertama berjudul ‘Sudah Benarkah Puasa Kita?” yang diisi oleh Ust. Ransi Mardi yang membahas tentang rukun dan syarat puasa. Harapannya tidak sia-sialah ibadah puasa yang kita lakukan pada bulan Ramadhan. Kajian kedua berjudul “Menjaga Cahaya Ramadhan dengan Al-Qur’an” yang diisi oleh Ust. Afifi. Kajian ini berisi tentang bagaimana menjaga cahaya hati dalam bulan Suci Ramadhan dengan selalu berinteraksi bersama Al-Qur’an sehingga diharapkan Ramdahn yang dilalui tidak sia-sia.


Penutupan RADIOLOGI

Kegiatan RADIOLOGI ditutup dengan “Ramadhan di Desa Binaan” berlokasi di Dusun Pendul pada hari Sabtu, 18 Juni 2016. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan Remaja Dusun Pendul yang menjadi pengajar di Masjid Al-Ashr –lokasi kegiatan. Ramadhan di Desa Binaan ini diisi dengan berbagai jenis lomba seperti wudhu, adzan, hafalan Al-Qur’an dan lainnya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak dusun pendul –selaku peserta- dapat termotivasi untuk beribadah lebih baik dan memperkuat silaturahmi antara civitas Fakultas Biologi UGM dengan warga Dusun Pendul. Selain lomba, kegiatan lain yang dilakukan salah satu mahasiswa adalah memberikan kultum sebelum buka bersama oleh saudara Jundi dan dilanjutkan buka bersama warga Dusun Pendul.

Dalam sela-sela kegiatan besar tersebut dilakukan juga kegiatan kultural seperti Malam bina iman dan taqwa (Mabit), bagi-bagi kurma kepada civitas akademika Fakultas Biologi UGM, Belajar Bersama BioMSC (BBB) untuk perisapan menempuh Ujian Akhir Semester, dan Biologi Bertilawah. Kegiatan RADIOLOGI priode ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi Mahasiswa khususnya mahasiswa muslim Fakultas Biologi UGM untuk bersemangat dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. dan harapan kedepannya civitas akademika khususnya mahasiswa muslim Fakultas Biologi UGM dapat merasa memiliki kegiatan ini dan kegiatan ini lebih bermanfaat dan berkembang dari waktu ke waktu.


0 komentar: